_ Information technology_

_ Information technology_ Game Blog | Created By Www.BestTheme.Net

Thumbnail Recent Post

cLOcK

Category List

Pengikut

Righteous Kill

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Quisque sed felis

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Etiam augue pede, molestie eget.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Hellgate is back

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit ...

Post with links

This is the web2feel wordpress theme demo site. You have come here from our home page. Explore the Theme preview and inorder to RETURN to the web2feel home page CLICK ...

WeLcOmE

/

KETRAMPILAN INTERPERSONAL


Mata kuliah KI yang ditunggu-tunggu, pada tanggal 14 Oktober 2010 kemarin kita mendapat beberapa game. Sebelum memulai game kita berbaris sesuai dengan kelompok masing-masing dan telah didampingi kakak pendamping. Kita disuruh menyiapkan yel-yel untuk show of didepan teman-teman dari kelompok lainnya. Ini dilakukan untuk menghiduokan suasana dan membuat kita jadi lebih beremangat. Sebelum show of kita diberi kesempatan untuk latihan terlebih dahulu dalam kelompok masing-masing agar bisa lebih kompak dan semangat.Setelah itu dari masing-masing kelompok menshow of kan yel-yel kelompoknya diatas panggung.
Disini kita dapat mengambil beberapa manfa’at seperti
o Semangat : semangat sangat diperlukan untuk show of agar bisa menarik perhatian penonton, jika yang tampil ceria dan penuh semangat maka penontonpun ikut bersemangat akan tetapi jika kita yang didepan tidak bersemangat apa lagi yang melihat pasti akan bosan.
o Kompak : kekompakan juga tidak kalah penting dari semangat, jika kelompok yang tampil kompak akan lebih enak dilihat dari yang kurang kompak.
o Membagi waktu : kita juga harus bisa membagi waktu karena dalam permainan ini semua diberi waktu yang tidak cukup lama jadi kita harus bisa memanfa’atkan waktu yang ada.
Pada permainan yang kedua kita berkumpul lagi bersama kelompok masing-masing dam membuat sebuah lingkaran. Kakak pendamping memberi selembar kertas A4 untuk 2 orang pada setiiap kelompok, jadi satu kertas untuk 2 orang. Kemudian kakak pendamping menginstruksikan untuk menyobeknya menjadi 2 bagian yang sama. Setelah semua mendapatkan kertas, kita disuruh untuk menuliskan 5 point masalah yang kita punya sebatas masalah-masalah yang ada di kampus.
Pada kertas tersebut saya menuliskan 5 point masalah seperti yang diinstruksikan kakak pendamping.
1. Susah mengatur waktu
2. Males belajar
3. Susah menerima penjelasan dosen jika kelas rame
4. Ngantuk ketika dikelas karena mengerjakan tugas hingga larut malam.
5. Sering telat masuk kelas karena tidak punya kendaraan jadi jalan dari asrama ke kempus jaraknya lumayan jauh.

Setelah menuliskan 5 point masalah dalam kertas kemudian kami di instruksikan untuk menukar catatan kita pada di sebelahnya dan menjelaskan apa maksud dari point itu jika ada yang kurang mengerti, kemudian membaca apa isi catatan masalah dari teman dan kita disuruh mencoba memberinya solusi dengan mencatat solusinya dibawah catatan masalah yang sudah ada. Setelah waktu habis kita disuruh mengembalikan kertas catatan tadi kepada pemiliknya, kertas saya akhirnya kembali dan di bawahnya telah ada beberapa solusi seperti yang ada dalam kertas saya, winny teman saya memberikan solusi pada tiap pointnya

1. Pada point pertama dia menyarankan untuk mencoba mencatat kegiatan-kegiatan yang akan saya lakukan di buku kecil atau dilampiran kertas.
2. Yang kedua tetep semangat dan ingat tujuan awal datang kekampus untuk belajar dan inget orang tua dirumah.
3. Jangan menghiraukan suara-suara yang tidak penting tetep fokus pada penjelasan dosen.
4. Jangan mengerjakan hingga larut malem,minum kopi biar enggak ngatuk.
5. Nebeng temen yang bawa kendaraan.
Begitu saran yang diberikan oleh winny untuk saya ditambah dibawahnya dia menuliskan “yOu Can DO it!!”, sehingga memotivasi saya untuk tetap semangat dan tidak putus asa untuk mencari ilmu.
Disini kita mendapatkan beberapa manfa’at diantaranya:
  • Kita jadi bisa mengidentifikasi masalah yang ada:
Dengan menuliskan beberapa masalah dalam sebuah kertas kita jadi mengerti masalah-masalah lain yang kita punya, tidak hanya yang ada dalam catatan bahkan diluar itu juga kita bisa mengerti.
  • Kita jadi lebih terbuka:
Dengan menuliskan point-point masalah dalam sebuah kertas kita bisa jadi lebih terbuka walau secara tidak langsung seseorang akan mengetahui masalah yang kita punya dari membaca catatan tersebut
  • Bisa memahami diri sendiri,
  • Bisa jadi lebih percaya diri.
Dengan begitu masalah yang awalnya berat karena dipikul sendiri akan terasa lebih ringan karena ada seseorang yang mau mendengarkan masalah yang kita punya. Mungkin dengan bercerita pada teman kita akan mendapatkan solusinya, berbeda jika masalah dipendam sendiri dan dipikirkan berlarut-larut maka beban kita akan semakin berat. Sebagai seorang pendengar dan memberi solusi tentang suatu problem dapat membuat kita belajar banyak hal. Berikut ini merupakan pembelajaran yang dapat kita ambil :
  • Kita bisa menjadi pendengar yang baik,
  • Kita bisa mengetahui masalah apa yang sedang dihadapi oleh teman kita,
  • Kita jadi bisa ikut merasakan masalah teman (berempati),
Dengan mendengar ceritanya kita jadi bisa mengmbilnya untuk sebuah pengalaman atau informasi,
  • Kita jadi bisa menolong teman yang kesusahan karena mengetahui masalah-masalahnya,
ΓΌ Selain itu disini kita juga belajar untuk berpikir dewasa dengan memberikan solusi untuk suatu masalah yang ada.
Permainan selanjutnya kakak pendmping memberi kertas warna dan koran,sebuah gunting,solasi dan lem. Disini kita disuruh membuat desain baju dari alat-alat yang telah disediakan beserta modelnya cewek satu dan cowok satu. Kita hanya diberi waktu 30 menit untuk menyelesaikan semuanya. Pada kelompok pelangi di pilih modelnya yang agak kecil agar tidak menghabiskan banyak kertas supaya cukup. Setelah instruksi memperbolehkan untuk memulai kita sibuk dengan mengambil kertas,mengguntingnya,danmenyocokkan warna untuk keduanya. Pada kelompok kami mengambil tema kerajaan yunani.
Setelah waktu habis dari masing-masing model disuruh memperagakan maksud dari kostum yang dipakai diatas panggung. Kemudian desainer dari masing-masing kelompok maju untuk menjelaskan tema dan konsep pada model bajunya tersebut. Suasana sore itu menjadi ramai,ceria dan semua bergembira.
Disini kita dapat mengambil manfa’at dari permainan yang terakhir yaitu:
  • Keaktifan dalam berdiskusi untuk menemukan ide dan membuat ide sangat diperlukan dalam kelompok. Jadi kita harus bisa aktif dalam kelompok tersebut.
  • Diskusi
Kita bertukar pendapat untuk memikirkan konsep apa yang akan ditampilkan dengan tema apa kita harus mendesain baju tersebut, dengan diskusi akan banyak ada masukan-masukan ide yang bagus untuk kita kumpulkan dan di compare sehingga menjadi suatu ide yang luar biasa.
  • · Kerjasama
Dalam kelompok kerjasama sangat dibutuhkan untuk mewujudkan kekompakan.
  • Kreatif
  • Keberanian
  • Menghargai kelompok lain
  • Berusaha untuk percaya diri dihadapan teman-teman.

Dengan keterampilan interpersonal semua jadi happy,,,,^_^

Leave a Reply

^^BesT FriEnD^^

/CENTER>

tHkZz

Scrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace Layouts