_ Information technology_

_ Information technology_ Game Blog | Created By Www.BestTheme.Net

Thumbnail Recent Post

cLOcK

Category List

Pengikut

Righteous Kill

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Quisque sed felis

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Etiam augue pede, molestie eget.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Hellgate is back

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit ...

Post with links

This is the web2feel wordpress theme demo site. You have come here from our home page. Explore the Theme preview and inorder to RETURN to the web2feel home page CLICK ...

WeLcOmE

/


KETRAMPILAN INTERPERSONAL
Rata Penuh
Ice-breaker

Minggu lalu tanggal 14 Oktober 2010 kemarin kita mendapat beberapa game. Memulai game yang pertama kita berbaris sesuai dengan kelompok masing-masing dan telah didampingi kakak pendamping. Kemudian untuk semua kelompok disuruh membuat satu lingkaran besar dan tidak boleh putus. Lalu seorang kakak masuk kedalam sebuah lingkaran yang besar untuk memberikan instruksi.
Tangan kiri kita harus berada dibawah tangan kanan teman,dan tangan yang kanan berada diatas telunjuk kiri teman yang lain jadi lingkarannya tidak putus. Maksudnya adalah jika kakak memberi instruksi yang berkata kuncinya “kak Teguh” maka tangan kanan kita harus menangkap telunjuk kiri teman dan telunjuk kiri kita harus bisa menghindar dari tangan teman yang lain dalam waktu yang bersama’an.
Jika ada yang tertangkap atausebelum kata kunci disebutkan ada yang menangkap atau mengelak maka seperti biasa di akan di beri hadiah.
Duuhhhhh senangnya,,,,^^
Permainan atau game ini dinamakan dengan ice-breaker atau penyegaran energizer. Tujuan dari permainan ini adalah pemecah situasi kebekuan fikiran atau fisik peserta. Beberapa yang dapat kita ambil manfa’atnya dari permainan ini adalah:
  • Membangun suasana belajar yang dinamis.
  • Membangun suasana belajar yang penuh semangat.
  • Membangun suasana belajar yang sangat antusias.
  • Membangun suasana belajar yang bergembira.
  • Belajar jadi tidak membosankan karena dalam belajar tidak perlu tegang santai saja akan tetapi tetap serius (sersan),serius dan santai.
  • Aktif tidak pasif,ketika kata kunci disebut kita harus aktif menangkap telunjuk teman dan harus selalu siaga dari tangkapan teman. Dalam belajar sehari-hari kita juga harus aktif meski pelajarannya sulit tetapi kita harus semangat dan tetap ceria.
  • Konsentrasi jika dalam permainan kita dituntut untuk konsentrasi agar tidak tertangkap oleh teman begitu juga dalam pembelajaran di kelas kita harus tetap konsentrasi.
  • Fokus pada instruksi apa yang dibicarakan oleh kakak pendamping sama halnya harus fokus pada penjelasan yang di berikan oleh dosen dikelas.
  • Kesiapan diri untuk menerima pelajaran yang diberikan oleh dosen.
  • Membangun keakraban sesama teman.


Curah Pendapat (Brain Storming)

Setelah permainan peertama selesai kita kembali kekelompok kecil bersama kakak pendampingnya masing-masing dan membentuk sebuah lingkaran kecil. Kakak pendamping membagikan pensil warna untuk setiap orang. Kemudian kita disuruh untuk mencari warna yang sama atau mendekati yang sama dan kemudian mendiskusikan apa persamaan dalam sub kelompok kecil. Setelah waktu habis kita kembali disuruh mencari pasangan dua-dua dengan warna pensil yang berbeda dan mendiskusikan apa saja perbedaan kita masing-masing.
Kemudian dalam sub kelompok kita disuruh berdiskusi dengan kata kunci “Ya tetapi” dengan tema yang ditentukan oleh kakak pendamping selama 3 menit. Setelah selesai kita di suruh berdiskusi lagi dengan kata kunci “Ya Dan”.
Untuk tema yang oertama kita mengambil tema dengan bolos kuliyah, dan yang kedua adala liburan.
Dalam permainan ini kita saling berpendapat, untuk kata kunci yang pertama “Ya Tetapi” ini menunjukkan kita menolak pendapat seseorang secara halus, sedang untuk kata kunci “Ya dan” ini menunjukkan kalo kita sependapat dan mendukung pernyataannya. Diantara dua pernyataan ini tidak dibutuhkannya tanggapan seperti diskusi yang lainnya tetapi untuk membuat kompilasi (kumpulan) pendapat,
informasi, pengalaman semua peserta yang sama atau berbeda. Hasilnya
kemudian dijadikan peta informasi, peta pengalaman, atau peta gagasan (mindmap). Dalam permainan ini dapat diambil manfa’at:
· Berani Mengeluarkan pendapat.
· Memperoleh gagasan.
· Memperoleh informasi.
· Memperoleh pengalaman.
· Dapat memetakan informasi, pengalaman atau gagasan yang telah didapat.

Diskusi Kelompok


Setelah semua selesai kakak pendamping memberikan instruksi kepada seluruh kelompok untuk menampilkan drama minggu depan dan setiap kelompok harus siap. Setelah itu kita disuruh memikirkan konsepnya dan menggambarkannya pada selembar kertas yang di beri oleh kakak pendamping dengan syarat semua ikut menggoreskan warna di kertas dan tidak boleh menukar pensil warna dengan yang lainnya. Yang terakhir adalah diskusi kelompok untuk membicarakan apa saja konsep untuk tampil minggu depan dengan waktu yang singkat kami berdiskusi dan segera menggambarnya diatas kertas.
Sama seperti diskusi, diskusi kelompok adalah pembahasan suatu topik dengan
cara tukar pikiran antara dua orang atau lebih, dalam kelompok-kelompok kecil,
yang direncanakan untuk mencapai tujuan tertentu. Metode ini dapat
membangun suasana saling menghargai perbedaan pendapat dan juga
meningkatkan partisipasi peserta yang masih belum banyak berbicara dalam
diskusi yang lebih luas. Tujuan penggunaan metode ini adalah mengembangkan
kesamaan pendapat atau kesepakatan atau mencari suatu rumusan terbaik
mengenai suatu persoalan.Setelah diskusi kelompok, proses dilanjutkan dengan
diskusi pleno. Pleno adalah istilah yang digunakan untuk diskusi kelas atau diskusi
umum yang merupakan lanjutan dari diskusi kelompok yang dimulai dengan
pemaparan hasil diskusi kelompok.
Manfa’atnya adalah:
  • Semangat dan kerjasama
Semangat untuk menciptakan karya bagus, lucu atau menyumbangkan ide yang kreatif agar dapat menjadi yang beda dibanding yang lain. Kerjasama untuk menghasilkan karya yang bagus
  • Kreatif
  • Keaktifan
Keaktifan dalam berdiskusi untuk menemukan ide dan membuat ide sangat diperlukan dalam kelompok. Jadi kita harus bisa aktif dalam kelompok tersebut.
  • Efisiensi waktu
Waktu yang diberikan untuk mempersiapkan diri dalam permainan ini sangat terbatas. Oleh karena itu, kita harus pandai – pandai membaginya.

Leave a Reply

^^BesT FriEnD^^

/CENTER>

tHkZz

Scrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace LayoutsScrolling Glitter Text Generator & Myspace Layouts